Rabu, 14 September 2022

Bangun Masjid di Uganda, Afrika Timur, Ivan Gunawan: Udah Dipakai Sama U...


TRIBUNNEWS.COM - Masjid Indonesia by Ivan Gunawan telah dipakai oleh umat di Uganda, Afrika Timur untuk beribadah.

Diketahui, Ivan Gunawan membangun masjid di Uganda, Afrika Timur pada 16 April 2022 lalu.

Masjid yang letaknya di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat itu diperkirakan dapat menampung sebanyak 400 jemaah.



Ivan Gunawan sengaja memilih Uganda lantaran populasi muslim di sana mengalami peningkatan.

Hal tersebut membuat kebutuhan tempat ibadah masjid menjadi hal penting.



"Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi mereka kan susah kehidupannya."

"Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid."

"Jadi saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana," terang Ivan Gunawan di Jakarta Selatan, Jumat (9/9/2022), dikutip dari Tribunnews.

Tak hanya minim masjid, peralatan untuk menunaikan ibadah salat pun dinilai sulit didapatkan.



"Nggak cuma masjid, baju muslim, mukena, sarung di sana juga susah."


"Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan."

"Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim di sana," tuturnya.

Igun, sapaan akrab desainer tersebut mengaku bersyukur dapat memenuhi nazar atau janjinya untuk membangun masjid.



"Alhamdulillah senang banget karena saya punya nazar sama Allah bahwa saya ingin membangun masjid dan hal itu bisa terwujud," ucapnya.

Namun, pria berusia 40 tahun tersebut tak secara langsung terjun dalam pembangunan masjid.

"Aku nggak mempersiapkan apa-apa jadi aku hanya mengirimkan dananya aja, mereka langsung cari lahan. "

"Yang bikin aku takjub, lahan masjid yang aku buat itu suasananya bagus banget dan sedikit lagi jadi," imbuhnya.



Kini, pembangunan masjid sudah hampir selesai dan telah digunakan oleh warga sekitar.

"Alhamdulillah pembangunan sudah 80 persen jadi."



"Meski belum sepenuhnya jadi, masjid saat ini sudah dipakai solat dan kajian oleh warga sekitar."


"Selain masjid, kita juga membuat sumber air untuk berwudhu dan sehari-hari juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk masak dan minum," jelas Hamza Tamimy, relawan dari Golden Future Indonesia.

Pembangunan masjid ini dibantu oleh pihak lain.

"Kebetulan dibantu sama teman-teman dari Golden Future dan Alhamdulillah amanah."



"Belum ada 4 bulan tapi mesjid aku udah jadi. Best banget," ungkap Igun, dikutip dari Grid.id.

Igun bersyukur masjid yang dibangunnya itu sudah dipakai untuk beribadah.

"Udah dipake sama umat untuk beribadah, Alhamdulillah," ucapnya.

Rencananya, dalam waktu dekat, Igun dan beberapa rekannya akan terbang ke Uganda untuk melihat langsung masjid tersebut.

Insya Allah doain, pokoknya dalam waktu dekat aku, Nadya, Andina, kita akan pergi ke Afrika, ingin lihat langsung mesjid seperti apa," tutup Ivan Gunawan.

https://youtu.be/iLev2qK5r3c

0 komentar:

Posting Komentar